top of page

Butuh Pouch Serba Guna ? Berikut DIY Simple Membuat Drawstring Pouch!



Pouch tentu kini telah menjadi barang penting yang wajib di miliki, terutama untuk para kaum wanita yang biasanya memiliki lebih banyak barang bawaan untuk pergi ataupun disimpanan dalam rumah. Drawstring Pouch (Kantung serut) merupakan salah satu jenis pouch dengan model yang simple dan praktis digunakan juga memiliki bentuk dan bahan yang lentur sehingga bisa leluasa digunakan dibandingkan pouch lain. Kantung serba guna ini seringkali dipakai sebagai wadah penyimpanan seperti kosmetik, alat mandi, mukena, alat tulis, kebutuhan gadget, barang printilan dan lain-lain.


Tidak hanya itu, for your information Drawstring Pouch ini merupakan pouch paling mudah untuk di buat sendiri lho!. Penasaran? , berikut contoh cara pembuatan pouch nya!.


Lihat referensi terlebih dahulu, contoh :


Siapkan Alat dan bahan :

  • 1 lembar kain perca bermotif untuk lapisan luar, bentuk persegi panjang ukuran sesuai kebutuhan besar kantung yang akan di buat (contoh ukuran yang biasa di buat: 26cm x 30cm)

  • 1 lembar kain polos berbeda untuk lapisan dalam, ukuran sesuai dengan kain lapiran luar.

  • 2 potong Tali (kur /kepang/ pita/tali apa saja), masing-masing berukuran sama yaitu kurang lebih dua kali lipat dari lebar ukuran kantung yang akan dibuat (contoh tali yang di butuhkan untuk ukuran pouch 26cmx 30cm adalah: 60 cm)

  • Gunting

  • Jarum

  • Benang

  • Klip kertas/ peniti


Cara pembuatan :

  1. Gabungkan masing-masing satu kain luar dan kain dalam dengan ditumpukkan

  2. Lipat kebawah bagian atas dari kain sebanyak 2,5cm untuk serutan tali, kemudian jahit lurus. Lakukan hal yang sama pada kedua kain. (Penjahitan bisa menggunakan mesin jahit atau tangan)

  3. Satukan kedua kain dengan di tumpukkan atau saling berhadapan. Kemudian jahit setiap pinggir yaoti kanan, kiri, dan bawah kecuali bagian atas yang sebelum nya sudah di jahit. (Potong jika ada benang berlebih)

  4. Balikkan kantong agar kain luar dapat terlihat

  5. Rapihkan bagian atas drawstring pouch nya agar terlihat rapih, bisa dengan cara di setrika

  6. Masukkan tali ke bagian atas kantong. Agar lebih mudah kaitkan tali pada klip kertas/peniti.

  7. Bawa tali ke sekeliling kantong hingga keluar di ujung lainnya.

  8. Ikat kedua ujung tali menjadi satu dan poton bagian yang kelebihan.

  9. Kencangkan tas serut, jika sudah rapih maka pouch kamu siap dipakai!




Gimana? cukup mudah kan!. Selain untuk kebutuhan, membuat kerajinan pouch ini bisa membantu menjaga kesehatan mental lho!. Ko bisa ya? Karena melakukan kerajinan tangan mendorong kita mempelajari keterampilan baru yang merupakan salah satu cara meningkatkan kepercayaan dan harga diri seseorang. Menurut ahli psikolog kerajinan tangan itu memungkinkan kita untuk menjaga keseimbangan hidup, sehingga baik untuk kesehatan kita terutama mental sebagai terapi. Wah apa lagi pembuatan pouch ini sangat cocok untuk kamu yang pemula dalam membuat kerajian.


Berdasarkan benefit tersebut pasti bisa sangat bermanfaat bagi semua kalangan. Untuk anda yang sudah memiliki anak, bisa juga memanfaatkan keterampilan ini sembari mengajak si kecil berkreasi dan bermain agar melatih kreativitas anak yang tentu akan sangat bermanfaat untuk membantu penting nya perkembangan pada anak anda.


Anda bisa membuat Drawstring Pouch dengan gambaran sendiri bersama si kecil seperti contoh berikut:



Caranya mudah cukup ganti kain dengan bahan kanvas agar bisa di lukis atau gambar menggunakan cat kanvas seperti acrylic sebelum di jahit menjadi pouch atau tas. Gimana semakin tertarik? Selamat mencoba! yu buat lebih banyak dalam berbagai pola dan ukuran agar ketermapilan semakin meningkat!.




Created By:

Annisa Febryani

210104180079

MPM B – Fakultas Ilmu Komunikasi

Universitas Padjadjaran


Hi, thanks for stopping by!

Precious things merupakan website dengan layanan yang memberikan informasi khusus mengenai DIY yang dimana kami memberikan fasilitas informasi DIY di berbagai kategori yaitu seperti  food, Crafts, Fashions, dan Decors.

Let the posts
come to you.

Thanks for submitting!

bottom of page