top of page

Membuat Sarung Tangan Kulit Untuk Motor



Sekarang ini otomotif sudang menjadi lifestyle seperti dengan adanya motor custom, dulu yang dianggap custom motor adalah motor yang memiliki kapasitas mesin besar, sedangkan dengan motor yang berkapasitas kecil dianggap motor modifikasi biasa bukan motor custom.


Perjalanan custom memang panjang tidak mudah mengikuti dunia mode yang mana gaya jaket kulit bermanik-manik paku sudah mulai berganti dengan gaya yang casual, seperti menggunakan bahan flannel, t-shirt, sepatu kets atau sneaker bahkan gaya rambut yang digunakan pun sudah berbeda yang tadinya gondrong berantakan sekarang sudah lebih rapih dengan ditambahnya pomade.


Dengan beralihnya gaya mode pengguna motor custom ada style apparel yang tidak berubah dari dulu sampai sekarang yaitu sarung tangan dengan bahan kulit. Dengan bahan kulit selain lebih kuat dari segi mode pun kulit terliat lebih sangar dibanding bahan yang lainnya.


Ada yang beranggapan sarung tangan dengan bahan kulit lebih tahan lama ketimbang yang lainnya (tekstil) atau sebaliknya. Namun, sebenarnya tidak ada jawab yang pasti mana yang lebih baik dari bahan-bahan ini. Semunya tergantung pada cuaca yang dihadapi dan tingkat perlindungan yang dibutuhkan dari si ridernya itu sendiri.


Dari sisi harga pun biasanya bahan kulit lebih mahal dari bahan tekstil, namun bukan berarti tidak ada cara lain untuk tetap berhemat dengan membuat sendiri, dengan menggambar pola sendiri kalian bahkan baisa memastikan sarung tangan baru kalian dapat dijahit pas untuk di tangan anda.

1. Membuat Pola

a. Dengan membuat pola ini cukup dengan jiplak tangan kalian pada kertas, letakkan tangan kalian dengan posisi jari-jarinya saling berdekatan. Posisi ibu jaripun sesuai alaminya. Saat menjiplak tangan jangan terlalu mepet ke tangan anda beri jarak 1cm.


b. Buatlah pola sarung tangan, dengan cara lipat dua kertas sepanjang garis luar jari telunjuk kalian. Lalu potong potong sepanjang garis luar, potong dua lapis sekaligus dan jaga lipatannya agar tetap menyatu.


c. Jangan lupa buat untuk lubang ibu jari, buka pola sarung tangan tersebut dan tadnai lokasi sambungan ibu jari kalian, kalian hanya perlu menggambar dan memotong dengan bentuk oval untuk lubang ibu jari kalian di tengah sarung tangan.


d. Desain dari pola ibu jari ini lipatlah dua selembar kertas dan letakkan bagian dalam ibu jari sepanjang lipata. Lipatan ini harus pararel dengan jari tulunjuk dan pergelangan tangan.


e. Lipat sepotong kertas dan letakkan diantara jari telunjuk dan jari tengah. Lalu jiplak jari telunjuk anda, tambahkan sedikit panjang ke puncak dicocokkan dengan panjang jari tengah lalu potong polanya.


2. Siapkan Bahan Kulitnya

a. Ujilah keregangan bahan kulit dahulu dengan Tarik bahan kulit dan perhatikan seberapa bahan ini dapat meregang. Jika bahan kulit ini segera memendek kembali setelah kalian tarik maka tidak ada usaha lain yang perlu kalian lakukan.


b. Bahasi bahan kulit ini dan regangkan hingga titik maksimalnya lalu diamkan hingga kering.


c. Sematkanlah pola yang kalia sudah buat diawal pada bahan kulit yang sudah disiapkan dan pastikan gunting yang kalian pakai sudah tajam, cocokkan pola garis.


3. Mulai Menjahit

a. Pertama jahit pinggiran ibu jari. Lipat bagian ibu jari dari bawah tengahnya dan jahit agar menyatu di sepanjang bagian puncak dan pinggirnya.


b. Pasang jarum pentul dan jahitkan bagian ibu jari, masukkan pangkal dari potongan bahan kulit bagian ibu jari yang terbuka ke dalamm lubang ibu jari pad apotongan bagian utama.


c. Masukkan bagian lipatan panjang yang berada di antara jari-jari, kalian hanya perlu menghubungkannya dengan telapak tangan dan bagian belakang pola sarung tangan kalian.


d. Lakukan prosedur sebelumnya dengan dua lipatan antara jari-jari ini.


e. Jahitlah bagian pinggir sarung tangan kalia, jika perlu pasang jarum pentul sarung tangan agar pinggiran luar kedua sisi bertemu. Jahit kedua sisi dari sarung tangan dan tutuplah jarak yang masih ada di sekitar bagian jari.


f. Ulangi prosedur sebelumnya di sarung tangan kedua


g. Coba kenakan sarung tangan kalian.


Klik lifestyle jika kalian ingin melihat konten lain yang berhubungan dengan gaya kalian.



Created By:

Muhamad Rafi Dhafin M

210104180065

MPM B – Fakultas Ilmu Komunikasi

Universitas Padjadjaran

Hi, thanks for stopping by!

Precious things merupakan website dengan layanan yang memberikan informasi khusus mengenai DIY yang dimana kami memberikan fasilitas informasi DIY di berbagai kategori yaitu seperti  food, Crafts, Fashions, dan Decors.

Let the posts
come to you.

Thanks for submitting!

bottom of page